Berkat BTS, Sosok Ini Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia

Bang Si-hyuk. (Tangkapan Layar Instagram @hitmanb72)

 Label musik dan agensi hiburan ternama di Korea Selatan (Korsel), HYBE bukanlah nama yang asing bagi para penggemar industri K-Pop. Sebab, mereka adalah wadah bagi para grup raksasa K-Pop, seperti BTS, TXT, Seventeen, hingga New Jeans.

Popularitas para artis dan grup yang bernaung di bawahnya sukses membuat Bang Si-hyuk, pendiri HYBE, masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia menurut Forbes.

Berdasarkan catatan Forbes, Bang Si-hyuk kini masuk urutan ke-1725 orang terkaya di dunia dan urutan ke-12 di Korea Selatan dengan total kekayaan bersih US$2,1 miliar atau sekitar Rp31,2 triliun (asumsi kurs Rp14.889/US$).

Sosok berusia 50 tahun itu meraih kekayaannya melalui keberhasilan HYBE.

Lalu, menurut laporan yang sama, pada Mei 2021 lalu HYBE mengakuisisi Ithaca Holdings, label yang membawahi Justin Bieber, Demi Lovato, dan Ariana Grande senilai lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp14,8 triliun.

Lantas, siapa sosok Bang Si-hyuk?

Bang Si-Hyuk adalah seorang pecinta musik berkewarganegaraan Korea Selatan lulusan Seoul National University pada 1997. Sebelum mendirikan HYBE, Bang Si-hyuk sempat bekerja sebagai produser dan komposer untuk JYP Entertainment, salah satu agensi musik “Tiga Besar” Korsel.

Pada 2005, Bang Si-hyuk resmi mengundurkan diri dari JYP dan memutuskan untuk mendirikan Big Hit Entertainment yang kini telah berganti nama menjadi HYBE. Tak disangka, salah satu grup yang dinaunginya, yakni BTS, jadi boyband K-Pop terpopuler di dunia.

Meskipun demikian, Bang Si-hyuk tidak ingin disebut sebagai ‘ayah’ BTS. Sebab, ia mengklaim bahwa BTS bukan diciptakan olehnya dan dia tidak ingin Jung Kook dan kawan-kawan disebut sebagai ‘produk’ oleh masyarakat.

“Musisi tidak diciptakan oleh orang lain,” tegas Bang Si-hyuk, dikutip dari Soompi, Selasa (11/4/2023).

“Dianggap sebagai ‘ayah’ atau pencipta BTS tidak sesuai dengan filosofiku dan aku cukup merasa tidak nyaman dengan itu,” lanjutnya.

Bang Si-hyuk adalah salah satu sosok yang berprestasi. Pada Desember 2017 lalu, ia menerima penghargaan presidensial dalam 2017 Korea Content Awards. Penghargaan tersebut diberikan karena Bang Si-hyuk dinilai telah menyebarkan Hallyu Wave melalui BTS.

Selain itu, pada Februari 2023 lalu ia juga menerima penghargaan Clive Davis Visionary dalam Billboard’s 2023 Power 100 Party. Clive Davis Visionary adalah penghargaan khusus yang diberikan kepada seseorang yang berkontribusi pada pertumbuhan dan inovasi industri musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*